Posted by : Unknown Senin, 08 September 2014

Selamat hari Senin bagi anda yang menjalankanya (lhaa kan semua juga menjalankan) maksud saya bagi yang menjalankanya dengan penuh antusias dan maximal soalnya kadang ada beberapa orang yang mengeluhkan akan datangnya hari senin karena masuk kerja lah, awal minggu lah, mulai rutinitas lah dll. berhubung hari senin tidak ada yang bisa skip ke hari selasa atau hari minggu maka jalanin aja dengan penuh semangat jangan sekedarnya.

Bicara hari senin sekarang tanggal 8 tanggal muda asikkk masih suasana gajian betul? pertanyaan saya masih ada atau sudah abis tu uang gajian? (sensitif amet ya pertanyaanya?) mas Andri jangan tanya gituan deh bahas yang lain aja. lha kalo ga dibahas sekarang tar jadinya kacau bahkan akan jadi malapetaka untuk hari esok bahkan sampai bertahun-tahun, nah lo mau? makanya mending bahas sekarang oke bagaimana sih cara mengatur keaungan yang simpel dan nyaman supaya kita ga seret mulu?
Siklus Perencanaan Keuangan | Andri Irawan World



Baik kita mulai, dalam perencanaan keuangan kita ambil simpel aja ada pemasukan ada juga pengeluaran betul. namun sebelum kesana mari kita liat sekema kebutuhan keuangan kita:
ibarat permainan balap mobil itu ada start dan ada garis finish didalam lintasan ada belokan ke kanan dan kekiri (yaiya lah masa lurus mulu, atau ke kiri mulu kan ga seru) adajuga tanjakan dan turunan barulah sampai ke garis finish. bagaimana dengan keuangan oke taruhlah garis startnya pas kita menikah, disana yang tadinya kebutuhan keuangan hanya untuk sendiri kini untuk berdua, abis menikah punya anak downg nambah lagi jadi 3 apalagi kalo langsung kembar jadi 4. abis itu otomatis ingin punya rumah, nambah kendaraan pendidikan anak sampai kita pensiun dan garis finish nya adalah dikala kita sudah tiada lagi. itu mau ga mau harus kita penuhi kebutuhanya ya kalo tidak gimana kehidupan keluarga kelak?

melihat itu semua otomatis kita harus mulai merencanakan keuangan kita dari sekarang bukan besok bukan juga nanti, lebih cepat lebih baik ingat lebih cepat lebih baik. saya ada dua perencanaan keuangan bisa saya sebutkan cara kiri dan cara kanan yang saya ambil dari karyanya Ahmad Gozali seorang pakar perencanaan Keuangan:

Pendapatan
100
Kebutuhan / Shoping
57,5
Bayar Utang
30
Sosial Sedekah
2,5
Saving
10

cara ini adalah cara kiri dia punya penghasilan 100 yang diutamain shoping dulu yang namanya shoping dikasih 2juta abis, dikasih 5juta abis juga gakan ada puasnya. nah terus 30 buat bayar utang itupun kalo ditagih kalo ga belaga lupa hehehe. 2,5 sedekah atau jakat atau amal. 10 saving atau nabung. rencananya bagus tapi karena prioritasnya adalah kebutuhan alias shoping akan jadi perang batin apalagi kalau ke mall uang belanja udah abis, turun eskalator ada barang discount 70% sementara jatah belanja abis tinggal buat saving dan sosial atau bayar utang, galau kan ga beli gimana kesempatan gini kapan lagi kalau beli uang buat saving sosial dan bayar utang gimana. ahirnya stress dan biasanya yang kaya begini perencanaan keuanganya akan kacau balau.


Pendapatan
100
Sedekah Sosial
2,5
Bayar Utang
30
Saving / investasi
10
Kebutuhan Shoping
57,5

nah bedanya cara kanan adalah dia sedekah dulu baru bayar utang, terus nabung,investasi,asuransi dll baru sisanya habiskan. enak kan jadi uang itu bukan untuk disisakan tapi untuk dihabiskan dihabiskan dijalan yang benar dijalan yang kanan. ahhh mas andri saya udah sering ko bikin konsep kaya gitu tetep aja ga cukup? pertanyaan saya udah betul belum urutanya? karena kalo urutanya ngacak gakan bener juga. kalo pake cara ini sekalipun ke mall uang belanja abis ada discount 70% gajadi soal toh uangnya juga udah abis. tapi kalo kondisinya ada uang itu akan galau tingkat dewa hehehe.

Perinsipnya uang diciptakan untuk dibelanjakan untuk dihabiskan bukan untuk sisa. jadi jelas cara kanan yang paling betul dan paling aman untuk menghabiskan uang. so masih tanggal 8 ni yu kita perbaiki perencanaan keuangan kita dari sekarang. ada pribahasa mengatakan sedia payung sebelum ujan jadi lebih baik rencanakan dari sekarang daripada galau dan melarat kemudian.
 
Oke trimakasih atas kunjungan anda hari iniuntuk bertanya bisa poskan komentar dibawah atau
Via Telp : 082-317-522-988 / 0857-9341-6348
BBM : 7F8F226E

Survei Majalah SWA

BlackBerry®

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Andri Irawan World ® -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -